Rabu, 23 November 2016

Excersise Sustainable

Exercise 4.1: Energy and CO2 Balance of a Gold Ring
Asumsi:
Ada seseorang yang akan menikah dan akan memesan cincin kawin, dimana cincin itu terbuat dari emas sebesar 6 gram. Cincin ini dipesan di Belanda seminggu sebelum hari penikahan, maka cincin ini harus dikirim ke California dengan jarak 10.000km. Proses pembuatan cincin ini membutuhkan daya listrik sebesar 2 kWh per kg emas. Apabila cincin dikubur tidak akan berpengaruh pada berat dari cincin tersebut. Isilah nilai pada tabel 4.14 dengan asumsi FU1 cincin dalam 1 perkawinan.
Hitung:
a.       Reference flow
b.      Energi yang tidak terbaur
c.       Emisi CO2 selama siklus hidup.

Jawaban:




Exercise 4.3: Hand-Dryer: Energy and CO2 Balance
Pertimbangkan skenario tentang hand-drying yang sudah dibahas pada bab 3, dengan menggunakan flow dan flowchart dari latihan 3.2 dan tabel 4.15 mengenai faktor emisi. Asumsikan bahwa energi manufaktur untuk kedua perangkat menyumbang kurang dari 1% dari total konsumsi energi siklus hidup dan emisi.
1.      Gunakan tabel 4.15 untuk memperkirakan energi utama yang digunakan dan emisi karbon yang dihasilkan oleh hand-drayer dengan mengisi tabel 4.16


2.      Hitunglah rasio dari emisi CO2 untuk energi primer yang tidak dapat diperbarui, pada setiap proses dan setiap jumlah seluruh proses. Hitung kembali apakah nilai-nilai yang diperoleh dari setiap rasio telah sesuai dengan gambar 4.2.



3.      Diasumsikan apabila kertas dibakar, maka akan menghasilkan energi sebesar 18MJ/kg pembakaran,  20% dari setiap bagian dapat digunakan kembali (seperti listrik). Oleh sebab itu hitunglah berapa banyak energi primer yang digunakan untuk menghindari besar jumlah kertas dibakar, gunakan ini untuk menghitung energy per FU ditabel.

 
4.      Scenario manakah yang dianggap paling baik untuk energi dan CO2. Pada  tahap apa dan yang mana merupakan komponen paling penting? Manakah yang jauh lebih baik hand-dryer ataukah paper towel?

Skenario:
·         Hand-dryer membutuhkan energi per FU sebesar 68508,056 dan menghasilkan emission per FU sebesar 3886,451.
·         Paper towel (landfill) membutuhkan energi per FU sebesar 35176,2224 dan menghasilkan emission per FU sebesar 1733,8328.
·         Paper towel (dibakar) membutuhkan energi per FU sebesar 27818,2146 dan menghasilkan emission per FU sebesar 1739,8929.
 Jadi dapat disimpulkan bahwa skenario terbaik untuk emisi adalah paper towel (landfill) sebesar 1733,8328 dan skenario energi terbaik adalah papper towel (bakar) sebesar 27818,2146. Life cycle stage yang paling penting adalah use, karena tidak hanya membutuhkan energi yang sedikit, tetapi juga menghasilkan emisi yang paling sedikit pula.
Exercise 4.4: Hand-Dryer: Input–Output Approach
Pertimbangkan skenario pengeringan tangan kembali, tetapi dengan menggunakan pendekatan LCA I/O. Asumsikan apabila biaya yang dibutuhkan konsumen untuk mengeringkan tangan adalah sebagai berikut:
a.       Paper towels: $0.01/paper towel; $25/plastic dispenser
b.      Electric hand-dryer: $0.01/kWh; $350/dryer
Gunakan data pada tabel 4.17 untuk mengukur energy yang digunakan dan emisi CO2 yang dihasilkan, lihat tabel 4.18 untuk setiap skanario. Transportasi untuk menuju konsumen tidak dianggap disini, tapi transportasi bahan baku masuk ke dalam biaya dan dampak dari masing-masing sector.



 TABEL PETUNJUK:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar