Rabu, 26 Oktober 2016

Company Case Marketing

Company Case JetBlue : Delighting Customer Through Happy Jetting
1.      Give examples of needs, wants, and demands that JetBlue customers demonstrate, differentiating these three concepts. What are the implications of each for JetBlue’s practices?

Kebutuhan dari customer JetBlue
a.    Transportasi yang dapat digunakan untuk jarak jauh
JetBlue merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi khususnya untuk transportasi jarak jauh yaitu pesawat. Pesawat sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan utama dari customer yaitu dapat berpergian dari satu tempat ke tempat yang lain dengan waktu yang relatif cepat dan nyaman.
b.   Perhatian dan totalitas dari pelayanan JetBlue
Perhatian serta totalitas pelayanan juga dibutuhkan oleh customer JetBlue. Hal ini dikarenakan semua customer ingin agar permintaannya dapat direspon dan diperhatikan dengan baik. Dengan demikian customer akan merasa sangat nyaman dengan pelayanan yang diberikan oleh JetBlue. Apabila customer merasa nyaman dengna pelayanan yang diberikan, tentu saja akan membuat customer akan kembali menggunakan jasa dari JetBlue.

Keinginan dari customer JetBlue
a.       Adanya ruang gerak yang besar
Pada umumnya jarak antar kursi memiliki jarak yag relatif sempit, sehingga tidak ada ruang gerak yang nyaman bagi customer. Maka dari itu apabila jarak dari antar kursi relatif lebih besar, customer akan merasa lebih nyaman. Terlebih bagian kaki dari customer tidak akan terhimpit dengan  kursi yang berada di depannya.
b.      Makanan dan minuman gratis
Adanya makanan dan minuman gratis dapat membuat customer merasanya nyaman. Makanan dan minuman yang ada akan disediakan selama proses penerbangan. Customer akan dengan senang hati untuk meminta makanan dan minuman yang telah disediakan oleh pihak JetBlue.
c.       Fasilitas entertainment yang bagus
Perjalanan jarak jauh terkadang membutuhkan waktu yang lama untuk daerah-daerah tertentu. Perjalanan tersebut akan tetap membutuhkan waktu yang lama walaupun dengan meenggunakan pesawat. Tentu saja perjalanan yang jauh akan membuat jenuh, maka dari itu customer menginginkan fasilitas entertainment yang bagus, diantaranya adalah TV, radio, film, Wi-Fi, dll tentunya untuk menghilangkan rasa jenuh serta memberikan banyak hiburan untuk customer JetBlue.

Permintaan dari customer JetBlue
a.       Harga tiket pesawat yang murah
Tentunya customer akan selalu meminta agar harga tiket yang ditawarkan oleh JetBlue dapat dijangkau oleh berbagai customer. Tentunya penawaran yang diberikan adalah penawaran terbaik dengan harga yang murah, tetapi pelayanan yang diberikan setara dengan penerbangan kelas bisnis/first class.
b.       Memberikan pengamalaman penerbangan yang berkesan
Tentunya setiap customer menginginkan pengalaman penerbangan yang berkesan, maka dari itu pihak JetBlue berusaha menjawab kebutuhan, keinginan dan permintaan customer dengan berbagai fasilitas dan komunikasi yang baik. Calon customer juga dapat melakukan komunikasi melalui akun sosial media twitter maupun dengan menggunakan telepon informasi JetBlue.

2.      Describe in detail all the facets of JetBlue’s product. What is being exchanged in a JetBlue transaction?
Dalam kegiatan transaksi pembelian tiket penerbangan, customer dan JetBlue menukarkan beberapa hal yang berbeda. Customer menukarkan uang, waktu, usaha, dan kesempatan bepergian. Di sisi lain,JetBlue menukarkan produk, jasa, dan pengalaman penerbangan, seperti fasilitas dan pelayanan untuk menghasilkan kenyamanan dan kepuasan bagi para customer. Beberapa fasilitas yang ditawarkan adalah terminal utama, dining kelas atas, mall stores, area bermain, dll. Beberapa layanan yang diberikan meliputi kursi penumpang yang nyaman, makanan dan minuman gratis. Sebagai sarana berkomunikasi dengan customer, JetBlue juga menyediakan customer service yang berperan menjawab telepon dari customer dengan ramah dan menciptakan kedekatan personal sehingga customer merasa nyaman berkomunikasi.

3.      Which of five marketing management concepts best applies to JetBlue?
Lima macam konsep marketing management yang ada adalah production concept, product concept, selling concept, marketing concept, dan societall marketing concept. Marketing concept merupakan konsep yang paling cocok untuk diaplikasikan kepada JetBlue. Hal ini dikarenakan JetBlue mampu memberikan pelayanan yang berbeda dari kompetitor lainnya. JetBlue sendiri berusaha untuk menjawab kebutuhan, keinginan dan permintaan dari customer seperti kursi yang nyaman, makanan dan minuman gratis, fasilitas entertainment yang bagus, pelayanan yang ramah, dll. Hal tersebut yang membuat JetBlue berbeda dengan kompetitor lainnya.

4.      What value does JetBlue create for its customers?
Nilai yang didapatkan oleh customer berdasarkan pada pelayanan ataupun fasilitas yang disediakan oleh JetBlue adalah perasaan senang saat harus melakukan penerbangan dengan JetBlue, sesuai dengan slogan yang dimiliki JetBlue yaitu Happy Jetting. Slogan tersebut memiliki filosofi bahwa kesejahteraan dari customer merupakan bagian dari kultur JetBlue. Kultur JetBlue sendiri merupakan pedoman dari JetBlue, pedoman tersebut berisi tentang sisi kemanusiaan. Sisi kemanusiaan merupakan hal yang paling penting, sehingga customer harus dilakukan dengan baik dan sopan.

5.      Is JetBlue likely to continue being succesful in building customer relationships? Why or why not?
Kesuksesan JetBlue dalam membangun hubungan baik dengan customer tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dikarenakan JetBlue memiliki dasar yang kuat untuk memberikan pelayanan yang baik kepada customer. Salah satu ciri khas yang ditawarkan oleh JetBlue adalah harga tiket yang terjangkau, selain harga yang terjangkau harga yang ditawarkanpun juga bersaing dengan kompetitor lainnya. Hal ini harus dipertahankan agar customer JetBlue menjadi semakin royal dengan JetBlue.

 Company Case Trap-Ease America: The Big Cheese of Mousetraps
1.      Martha and the Trap-Ease America investors believe they face a once-in-a-lifetime opportunity. What information do they need to evaluate this opportunity? How do you think the group would write its mission statement? How would you write it?

Martha dan investor Trap-Ease sangat percaya diri saat menawarkan produk perangkap tikus ke pasaran. Martha dan investor Trap-Ease hanya berfokus pada keunggulan dari produk perangkap tikus, tanpa memperhatikan beberapa informasi yang dibutuhkan seperti:
a.       Apakah kelemahan dari produk perangkap tikus ini?
b.      Bagaimana cara mengatasi kelemahan produk perangkap tikus ini?
c.       Berapakah harga yang harus ditawarkan untuk menjual perangkap tikus?
d.      Siapa yang akan membeli produk perangkap tikus?
e.       Jenis produk perangkap tikus apa saja yang akan dijual?
f.        Selama ini bagaimana cara customer untuk mengatasi tikus yang sering mengganggu?
Sebaiknya Martha dan investor Trap-Ease harus mengetahui kebutuhan dan keinginan yang diperlukan oleh customer, dengan cara melakukan penelitian. Penelitian ini ditujukan agar proses pemasaran produk perangkap tikus dapat berjalan dengan baik dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

Mission statement
a.      Trap-Ease
Trap-Ease perangkap tikus merupakan produk jebakan tikus yang memiliki banyak keunggulan. Produk ini sangat mudah digunakan dan tidak memiliki resiko tangan menjadi terluka saat akan memasang perangkap tikus, selain itu produk ini juga tidak akan meracuni hewan peliharaan maupun anak-anak. Customer yang menggunakan perangkap tikus juga tidak akan mengalami kesusahan saat akan membersihkan produk tersebut.
b.      Menurut saya
Menurut saya produk Trap-Ease perangkap tikus sangat cocok untuk digunakan oleh wanita, tentunya untuk wanita yang merasa terganggu dengan adanya tikus disekitarnya. Disisi lain produk yang ditawarkannya pun juga sangat aman, sehingga mudah untuk digunakan dan tidak akan menyebabkan tangan terjepit, maupun keracunan untuk hewan peliharaan maupun anak-anak yang berada di sekitarnya.


2.      Has Martha identified the best target market for Trap-Ease? What other market segments might the firm target?

Hingga bulan April, perusahaan Trap-Ease hanya mampu menjual beberapa ratu unit produk. Jika dilihat dari target perusahaan, yakni untuk kalangan wanita terutama ibu rumah tangga, bisa jadi target tersebut terlalu spesifik kepada salah satu kalangan tertentu. Ibu rumah tangga memang bisa dibilang sebagai musuh utama dari segala sesuatu yang akan membuat rumah mereka “terancam”, baik dari bau-bauan maupun dari kekotoran. Salah satu sumber ancaman tersebut bisa jadi berasal dari tikus. Namun, itu bisa jadi hanyalah argumen yang subyektif atau generalisasi saja. Segmen-segmen lain juga mungkin saja memakai produk perangkap tersebut. Misalnya saja, pemilik restoran, klinik, atau usaha-usaha sejenis yang mengedepankan kenyamanan dan servis nomor satu bagi para customernya. Mereka tentu tidak ingin brand yang mereka bangun tercoreng hanya karena sebuah hal kecil, yakni kehadiran tikus. Memang langkah ini bukanlah langkah primer, tetapi tidak ada salahnya melakukan antisipasi. Selain itu, pabrik makanan juga pasti tidak menginginkan hal serupa terjadi di tempatnya. Permasalahannya bukan tentang kepercayaan konsumen atau citra, tetapi sudah menjurus ke arah keuntungan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika segmentasi dari produk ini diperluas kembali.

3. How has the company positioned the Trap-Ease for the chosen target market? Could it position the product in other ways?
Perusahaan memposisikan Trap-Ease dalam sudut pandang pelanggan untung memenuhi kebutuhan keamanan dan kebersihan. Bila dilihat dari harga dan sistem distribusinya, Trap-Ease diposisikan untuk digunakan oleh pemilik rumah yang memiliki permasalahan tersebut. Salah satu alternatif untuk memposisikan produk ini adalah dengan berfokus pada cara mengontrol penyakit. Karena tikus akan tertangkap hidup-hidup pada alat tersebut, kecil kemungkinan penyakit akan menyebar ketika tikus tertangkap. Akan tetapi perlu dicatat bahwa pemosisian akan menentukan strategi pemasaran.

4. Describe the current marketing mix for Trap-Ease. Do you see any problems with this mix?
Product : Perangkap tikus inovatif Trap-Ease
Trap-Ease adalah sebuah produk menengah keatas yang menyediakan banyak solusi yang dibutuhkan pelanggan. Tidak ada variasi kemasan sehingga pelanggan tidak mempunyai pilihan untuk memilih produk satu atau dua. Tidak ada mekanisme untuk memastikan apakah pelanggan puas dengan produk atau tidak.
Price      : Harga retail senilai 2.99 USD
Harganya tergolong tinggi jika dibandingkan dengan para kompetitornya dan dari sudut pandang pembeli tidak ada nilai yang layak untuk ditambahkan pada produk itu. Para pengecer juga tidak diberi motivasi untuk menjual produk ini di toko mereka dan tidak ada insentif yang diberikan untuk menarik konsumen untuk membeli.
Place     : Produk ini dijual pada toko ritel besar, Safeway, Kmart, Hechingers, and CB Drugs
Trap-Ease tersedia di toko perangkat keras, toko bahan makanan, dan toko obat-obatan nomor 1. Hal ini menyebabkan produk ini tidak memiliki cakupan pasar yang cukup. Jasa antar pemesanan dari pengecer juga tidak dapat dilakukan pada waktu yang tepat. Trap-Ease tidak cukup diekspos pada pelanggan
Promotion: pameran perdagangan, majalah rumah dan permukiman, iklan
Promosi adalah salah satu media yang tidak menyampaikan pesan dengan baik pada pasar sasaran. Wanita adalah segmen kecil dari seluruh pelanggan perangkat keras. Majalah-majalah yang bagus tentang rumah juga tidak akan menjangkau banyak orang.

5. Who is Trap-Ease America’s competition?
Trap-Ease America’s competition adalah seluruh perusahaan yang menciptakan perangkap tikus. Di pasaran, ditemukan banyak sekali perangkap tikus dengan harga yang murah dan kualitas yang murah. Ada juga racun tikus yang berbahaya bagi hewan peliharaan dan tidak seharusnya tikus dibunuh demikian. Di pasaran juga terdapat perusahaan yang menawarkan perangkap yang memungkinkan anda tidak menyentuh tikus yang tertangkap. Harga yang ditawarkan adalah 2.99 USD. Dengan fakta tersebut, memberikan Trap-Ease saran agar memberikan harga yang lebih murah sehingga memiliki keunggulan harga.

6. How would you change Trap-Ease’s marketing strategy? What kinds of control procedures would you establish for this strategy?
Pertama-tama yang harus dilakukan adalah merekrut orang di bagian marketing. Salah satu yang paling penting ketika menciptakan produk baru adalah marketing, karena marketing akan menginformasikan keuntungan yang didapat dari membeli produk tersebut. Variasi kemasan juga diperlukan agar pelanggan memiliki pilihan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Di samping itu, diperlukan juga orang yang berperan sebagai salesman untuk menginformasikan dan mendemonstrasikan produk secara personal dari rumah ke rumah.
Prosedur control yang dapat diterapkan adalah dengan memonitor perkembangan tim marketing dan menjamin bahwa mereka dapat mencapai tujuan yang sudah diberikan. Selain itu perusahaan juga sebaiknya memberikan garansi jika produk tidak sampai pada waktu yang telah disepakati dengan memberikan semacam diskon. Terakhir yang harus dilakukan adalah dengan memberikan harga promo sebagai salah satu bagian dari promosi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar